Senin, 14 Mei 2012

mini zoo


Isi Mini Zoo
          Kijang, mempunyai tempat hiburan keluarga yang ramai di kunjungi setiap harinya, termasuk jika hari libur datang. Salah satunya adalah Mini Zoo. Mini Zoo ini terletak di tengah kota Kijang yang posisinya sangat strategis di jumpai, setiap minggu nya tidak sedikit warga yang ingin datang sekedar untuk melihat dan membawa anggota keluarganya mengisi waktu liburan mereka.
          Meski baru berdiri kurang lebih 2 tahun, sudah ada beragam jenis spesies hewan yang terpelihara di Mini Zoo ini. Contohnya adalah:
•Burung Elang Laut Perut Putih, habitat burung ini hidup di daerah pantai, burung ini ber-reproduksi dengan membuat sarang dari ranting-ranting diatas pohon. Biasanya bertelur sebanyak 2 butir. Dan pakan hewan ini adalah ikan dan ular laut.
•Burung Enggang, habitat burung ini hidup di sebagian besar hutan primer, burung ini ber-reproduksi dengan bertelur di batang pohon yang tinggi yang telah di buat burung jantan. Sebagian besar pulau kalimantan dijadikan simbol suku Dayak. Pakan burung ini adalah buah, biji-bijian, daun, juga buah-buahan.
•Burung Nuri, habitat burung ini hidup di pegunungan Primer dan Pegunungan Skunder. Bertelur dengan membuat sarang dari ranting-ranting diatas pohon biasanya bertelur sebanyak 2 butir, pakan burung ini adalah buah, biji-bijian dan kacang-kacangan.
•Iguana, hewan ini hidup di hutan Primer dan hutan Sekunder. Pakan hewan ini daun-daunan dan buah. Bertelur dengan membuat sarang dari ranting diatas pohon. Biasanya bertelur sebanyak 2 butir.
•Burung Parki, pada musim kawin lubang pohon menjadi sarang bertelur dan membesarkan anaknya. Pakan hewan ini biji-bijian, nektar, dan kuncup daun. Habitat hewan ini hidup di hutan sekunder terpencil dan pegunungan. Hewan ini bukan termasuk hewan yang di lindungi.
•Monyet Kekah Natuna, hutan primer pegunungan, hutan sekunder, kebun karet tua, dan juga di temui di hutan mangrove dan kebun campuran adalah habitat dari hewan ini. Pakannya adalah daun, kacang-kacangan, buah, dan sayur-sayuran. Hewan ini adalah hewan yang di lindungi.
Itu adalah sebagian contoh penjelasan tentang jenis-jenis hewan yang terdapat di sana. Setiap kandang hewan akan di pasang informasi umum tentang hewan tersebut. Itu sangat memudahkan warga untuk mengetahui jenis apakah hewan-hewan yang sedang mereka lihat saat itu.
Masih banyak lagi jenis spesies hewan yang bisa di jumpai ketika kita masuk di dalam nya, berbagai jenis burung, monyet, ular, beribu jenis ikan, rusa, kuda, buaya bahkan beruang madu. Semua jenis ini terpelihara cukup baik di sana. Bahkan seorang nara sumber yang bernama Bahcibeng, 40 tahun mengaku semua hewan disini memiliki dokter hewan masing-masing. Oleh karena itu, jika ada salah 1 hewan yang sakit atau pun mati, dokter hewan itulah yang akan memeriksa keadaan hewan-hewan itu.
Bahcibeng bercerita bahwa minggu lalu ada beberapa burung yang mati, dan akibatnya adalah faktor usia, bukan karena pakan yang kurang teratur ataupun tentang faktor lingkungan di sekitar hewan itu. Jadi semua hewan di Mini Zoo ini sangat terjaga dan terpelihara dengan baik.
Hanya saja ada beberapa hewan yang agak stres karna tidak memiliki teman pasangan nya, sehingga hewan-hewan itu terlihat murung dan mondar-mandir di sekitar kandang. Salah satu contohnya adalah burung merak dan beruang madu.
Burung merak itu sangat diam dan tidak pernah membuka ekornya untuk menunjukan ke indahan yang dimilikinya itu. Dan juga beruang madu, dia terlihat mondar mandir diatas kayu buatan di dalam kandang itu keadaan nya kurang baik meski sudah di atasi para dokter hewan.
Cara mengatasi hal ini adalah mencarikan para hewan pasangan dan kawan mereka, tapi bahcibeng berkata jika hewan itu langka dan di lindungi, maka meminta izinnya sangat susah dan sangat lama untuk di proses.
Hewan-hewan di Mini Zoo ini di dapat dari berbagai wilayah Bintan, dan ada juga yang di sumbangkan oleh warga sekitar.
Bahkan ada monyet kesangan Bupati Bintan yang di titipkan di kebun Binatang kecil ini. Monyet itu bernama Ridho. Monyet yang sedang tunbuh dewasa itu sangat bergerak aktiv dan sangat lucu, tak heran sampai seorang Bupati ikut menyukainya.
Di Mini Zoo juga terdapat beberapa tempat peristirahatan yang sengaja di sediakan untuk warga melepaskan penat sejenak, meski fasilitas ini kurang banyak. Tetapi semua sedang dalam proses pembedahan, semua usaha yang di lakukan hanya demi warga Kijang yang sering berkunjung ke Mini Zoo ini.



1 komentar:

Amanah Transporter 328 mengatakan...

Rental mobil tanjung , paket wisata tanjung pinang

Www.amanahtransporter.com

Posting Komentar